Kamis, 04 Agustus 2016

Manfaat IT dalam Dunia Pendidikan






Manfaat IT Dalam Dunia PendidikanSetiap manusia tidak dapat memungkiri bahwa kemajuan bidang teknologi dan informasi ( IT) telah membawa banyak keuntungan bagi manusia dalam kehidupannya. Karena itu, wajar jika setiap manusia beranggapan bahwa IT tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal tersebut telah membawa banyak keuntungan bagi kehidupan manusia salah satunya dalam membantu pekerjaan yang mereka geluti. Kemajuan bidang teknologi dan informasi membawa banyak manfaat terutama untuk beberapa bidang penting seperti pendidikan. Dengan adanyan kemajuan teknologi dan informasi, para mpengajar seperti guru dan dosen bisa mengupdate beberapa informasi seperti kurikulum dan bahan ajaran yang sangat penting untuk mencari hal yang baru demi dunia pendidikan Berikut ini adalah beberapa manfaat IT dalam dunia pendidikan.



- Update Informasi mengenai kurikulum dan bahan ajaran yang baru
Seperti yang sudah disebutkan diatas, seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, setiap guru dituntut untuk selalu update dengan beberapa informasi terutama bahan ajaran yang baru. Karena itu, setiap guru berusaha untuk terus mengupdate bahan ajaran mereka melalui internet karena, mereka bsia mengetahui beberapa bahan ajaran yang baru melalui internet tersebut. Selain bahan ajaran, setiap guru juga dapat mengetahui tentang sistem kurikulum yang diterapkan di setiap negara maju. Beberapa kurikulum yang berhasil dan terbukti bisa memajukan kualitas murid bisa dicontoh atau dijadikan contoh untuk membuat sebuah kurikulum yang baru dan dipercaya akan memajukan kualitas bangsa.

- Membantu Proses Belajara Mengajar
Salah satu manfaat IT yang sangat membantu para guru adalah hal tersebut dapat mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, hal ini sangat membantu para guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Contohnya adalah, keberadaan LCD, Laptop, dan proyektor menjadi bukti bahwa kemajuan teknologi sangat membantu para guru dalam mengajarkan sebuah materi yang baru kepada para muridnya. Para guru dapat menyajikan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan tidak membosanakan. Karena itu, para murid akan merasa sangat tertarik dan tidak mudah bosan saat menyimak pelajaran yang disampaikan oleh sang guru.

- Memicu Kreativitas para guru
Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut bisa menjadi salah satu manfaat IT yang memicu setiap guru untuk bisa lebih kreatif dan mengeluarkan sebuah inovasi yang dapat digunakan untuk memajukan dunia pendidikan. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, para guru juga dituntut untuk lebih maju dengan cara menciptakan sebuah inovasi belajar-mengajar yang sangat baik bagi setiap muridnya. Hal ini menjadi contoh dari kegunaan IT yang sangat baik dan bisa digunakan untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia masa kini.

- Menciptakan kegiatan belajar yang mengasyikkan
Dengan adanya beberapa metode pembelajaran yang baru, setiap guru bisa memberikannya pada murid dan menciptakan sebuah atmosfer belajar-mengajar yang sangat menarik dan tidak membosankan. Hal ini sangat bagus demi memicu daya paham si murid agar cepat paham pada setiap bahan pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Karena itu, hal ini menjadi salah satu manfaat IT  yang dirasakan oleh setiap orang baik itu murid maupun guru. Para murid juga tidak akan cepat merasa bosan karena mereka akan selalu tertarik untuk belajar terus karena metode pembelajaran yang diberika selalu baru. Hal ini sangat baik agar dapat mendongkrak nilai para murid dalam beberapa mata pelajaran yang biasanya dianggap susah seperti matematika, bhs. Inggris,dll.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar